Minggu, 21 Februari 2016

PREDIKSI SOAL UTK TKR 2015-2016 SMKN 3 SMG

PREDIKSI SOAL-SOAL
UJIAN TEORI KEJURUAN (UTK) 2015/2016
PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR)
SMK NEGERI 3 SEMARANG
Jl. Atmodirono Raya No. 7A Semarang
 


1.      Alat ukur yang dalam penggunaannya selalu dilakukan kalibrasi yaitu …………..
A.    Multy tester                                                           D.  Dwell tester
B.     Micrometer                                                            E.  Hydrometer
C.     Dial test indicator
2.      Alat ukur yang digunakan untuk mengukur rpm kendaraan petrol engine adalah…….
A.    Dwell tester                                               D. Timing light
B.     Tacho meter                                              E.  Hydrometer
C.     Multytester
3.      Alat ukur yang digunakan untuk mengukur berat jenis elektrolit battery adalah ……………
A.    Dwell tester                                               D. Timing light
B.     Tacho meter                                              E.  Hydrometer
C.     Multytester

4.      Alat ukur dibawah ini yang berfungsi untuk mengukur diameter luar, diameter dalam dan kedalaman suatu benda adalah ….
A.    Outside Micrometer
B.     Inside Micrometer
C.     Vernier Caliper
D.    Dial Bore Gauge
E.     Mistar Siku

  1. Garis skala nonius yang paling lurus dengan skala utama pada vernier caliper menunjukkan ….
A.    Angka nominal
B.     Angka normal
C.     Angka utama
D.    Angka desimal
E.     Angka tambahan

6.      Vernier caliper mempunyai beberapa kegunaan, dibawah ini yang bukan kegunaan dari vernier caliper adalah …..
A.    mengukur diameter dalam                                
B.     mengukur diameter luar                        
C.     mengukur kerenggangan
D.    mengukur lebar
E.     mengukur tinggi
7.      Pada tutup radiator dilengkapi relief valve dan vacuum valve. Bila volume air pendingin bertambah saat temperature mulai naik, maka tekanan juga akan bertambah. Pada suhu berapa relief valve akan membuka dan membebaskan kelebihan tekanan melalui overflow pipe ?
A.    80 - 90°c
B.     90 - 100°c
C.     100 - 110°c
D.    110 - 120°C
E.     120 - 130°C


8.      Pada saat penyetelan V-Belt terlalu kencang biasanya akan mengakibatkan ………..
A.    Akan menyebabkan bunyi dan slip sehingga V-Belt cepat aus
B.     Akan merusak puli dan bantalan poros
C.     Kipas tidak bisa berputar sehingga system pendinginan mesin terganggu
D.    V-Belt cepat putus
E.     Air pendingin tidak bersirkulasi
9.      Dibawah ini yang bukan merupakan keuntungan system pendinginan udara adalah ….
A.    Pendinginan lebih merata
B.     Konstruksi lebih sederhana
C.     Harga relative lebih murah
D.    Perawatan relative tidak ada
E.     Maintenance free
10.  Dibawah ini adalah pemeriksaan system pendingin saat mesin panas dan hidup, yaitu : ….
A.  Periksa selang radiator kemungkinan rusak, pecah,  menggelembung atau kendor pengikatnya
B.  Periksa kualitas air pendingin. Menggunakan jari periksa kualitas air pendingin.
C.  Periksa tangki cadangan (reservoir, air harus pada batas Max-Low)
D. Periksa suara bearing, pompa abnormal.
E.  Periksa sirkulasi air pendingin.

11.  Pada saat pemeriksaan system pendingin, tali kipas/v-belt harus dilepas untuk memeriksa ….
A. Keretakan dan keausan
B.  Keretakan dan apakah terkena oli
C.  Keretakan, keausan, dan apakah terkena oli
D. Keretakan, keausan, dan ketegangan tali kipas
E.  Keretakan, keausan, ketegangan, dan apakah terkena oli

12.  Dibawah ini akan mengakibatkan overheating pada mesin. Kecuali....
A.    Radiator bocor sehingga air pendingin habis
B.     V belt putus sehingga pompa tidak berputar
C.     Pompa air tidak bekerja sehingga air pendingin tidak sirkulasi
D.    Thermostat tidak dipasang sehingga sirkulasi air pendingin selalu melewati radiator
E.     Thermostat macet/tidak mau membuka sehingga sirkulasi air pendingin tidak melewati radiator


13.  Fungsi ECU adalah ……………
A.     Menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar
B.     Mengatur kapasitas bahan bakar yang disemprotkan berdasarkan sinyal-sinyal yang dikirim oleh sensor
C.     Mengatur kapasitas bahan bakar yang disemprotkan berdasarkan jumlah udara masuk
D.    Mengatur jumlah udara yang masuk melalui manifold pemasukan yang diukur oleh pengukur aliran udara
E.     Menghitung jumlah dan temperature udara yang masuk melalui manifold
14.  Float chamber –main jet primer –main nozel- ruang bakar.
Pernyataan di atas merupakan skema aliran bahan bakar dan udara pada karburator saat ………
A.    Sistem stasioner                                                    D.  Sistem tenaga
B.     Sistem di atas stasioner                                         E.  Sistem akselerasi
C.     Sistem  kecepatan tinggi 
15.  Secondary high speed system  bekerja jika ……..
A.    Mesin hidup putaran rendah tanpa beban
B.     Mesin hidup putaran sedang dan beban sedang
C.     Mesin berputar pada kecepatan tinggi dan beban sedang
D.    Mesin berputar pada kecepatan tinggi dan beban berat
E.     Mesin berputar pada kecepatan sedang  dan beban berat
16.  Campuran gemuk antara bensin dengan udara adalah 1 : 8, maka hal ini akan berakibat:
A.       Pembakaran tidak sempurna, bensin boros, hasil tenaga kecil.
B.        Pembakaran terlalu cepat, bensin boros, gas buang berwarna hitam.
C.        Pembakaran terlalu lambat, bensin boros, gas buang berwarna hitam.
D.        Pembakaran tidak sempurna, mesin panas, boros bensin.
E.        Pembakaran sempurna, terjadi knocking, detonasi.

17.  Campuran bahan bakar yang gemuk disebabkan oleh ....
A.    Penyetelan ISAS dan IMAS tidak sesuai
B.     Saringan udara kotor
C.     Bahan bakar boros
D.    Penyetelan ISAS dan IMAS tidak sesuai, saringan udara kotor, dan bahan bakar boros
E.     Penyetelan ISAS dan IMAS tidak sesuai, serta saringan udara kotor
18.  Pada engine yang menggunakan sistem EFI, apabila injektor kurang baik akan menyebabkan hal berikut ini. Kecuali....
A.      Performance engine kurang
B.       Emisi menjadi tinggi
C.       Engine sulit starter
D.      Konsumsi bahan bakar boros
E.       Pengapian buruk

19.  Jika ruang bakar sering banjir sehingga engine susah untuk di starter, kemungkinan penyebabnya adalah .....

A.    Pelampung/float pecah
B.     Needle valve aus
C.     Throttle valve tidak bisa menutup
D.    Pelampung/float pecah dan atau needle valve aus
E.     Katup solenoid tidak bekerja/rusak
20.  Jika mesin bisa hidup pada putaran sedang dan tinggi, tetapi mesin mati saat pedal gas dilepas (putaran stasioner/idle). Hal ini disebabkan oleh ….
A.    Pelampung/float pecah
B.     Needle valve aus
C.     Throttle valve tidak bisa menutup
D.    Pelampung/float pecah dan atau needle valve aus
E.     Katup solenoid tidak bekerja/rusak

21.  Engine dengan EFI system tidak akan bisa start/hidup jika ..... putus/tidak terpasang atau rusak.
A.    IAT sensor
B.     Air flow sensor
C.     Crankshaft position sensor
D.    Oksigen sensor
E.     Injector
22.  Engine EFI hidup tetapi suara mesin pincang dan di DLC tidak terdeteksi. Hal ini bisa disebabkan oleh ….
A.    IAT sensor rusak atau tidak terpasang dengan tepat
B.     Air flow sensor rusak atau tidak terpasang dengan tepat
C.     Crankshaft position sensor rusak atau tidak terpasang dengan tepat
D.    Oksigen sensor rusak atau tidak terpasang dengan tepat
E.     Injector macet atau soketnya tidak terpasang dengan tepat

23.  Pada saat mesin diesel kehabisan solar kemudian udara masuk dalam system bahan bakarnya (masuk angin), untuk mengeluarkan udara dari system bahan bakar biasanya dilakukan pemompaan yang biasa disebut dengan membleeding dengan cara memompa pada komponen yang namanya ….
A.    Priming pump
B.     Feed pump
C.     Injection Pump
D.    Governor
E.     Fuel pump
24.  Cara pemeriksaan glow plug/busi pijar dengan menggunakan battery yang benar adalah ….
A.    Bodi glow plug dihubungkan  dengan  terminal negative battery dan ujung terminal positif glow plug dihubungkan dengan terminal positif battery selama ±10 detik. Apabila glow plug mulai panas atau berasap berarti glow plug masih baik.
B.     Bodi glow plug dihubungkan  dengan  terminal negative battery dan ujung terminal positif glow plug dihubungkan dengan terminal positif battery selama ±10 detik. Apabila glow plug memercikkan api berarti glow plug masih baik.
C.     Bodi glow plug dihubungkan  dengan  terminal positif battery dan ujung terminal  glow plug yang lain dihubungkan dengan terminal negative  battery selama ±10 detik. Apabila glow plug mulai panas atau berasap berarti glow plug masih baik.
D.    Bodi glow plug dihubungkan  dengan  terminal positif battery dan ujung terminal  glow plug yang lain dihubungkan dengan terminal negative  battery selama ±10 detik. Apabila glow plug memercikkan api berarti glow plug masih baik.
E.     Bodi glow plug dihubungkan  dengan  terminal positif battery dan ujung terminal  glow plug yang lain dihubungkan dengan terminal negative  battery selama ±15 detik. Apabila glow plug mulai panas atau berasap berarti glow plug masih baik.
25.   Pompa injeksi distributor tipe VE dirancang dengan plunyer tunggal dan bisa digunakan untuk melayani silinder lebih dari satu, dimana mekanisme kerja dari pompa tekanan tinggi tipe distributor tipe VE mirip dengan distributor pada motor bensin. Di bawah ini merupakan ciri-ciri engine diesel dengan menggunakan pompa injeksi tipe VE, yaitu : ….
A.    Mesin lebih halus karena tekanan yang dihasilkan kecil
B.     Mesin lebih kasar karena tekanan yang dihasilkan besar
C.     Cocok untuk mesin-mesin kecil dengan putaran tinggi
D.    Mesin lebih halus karena tekanan yang dihasilkan kecil, cocok untuk mesin kecil, dan mampu digunakan untuk mesin putaran tinggi
E.     Mesin lebih kasar karena tekanan yang dihasilkan besar, cocok untuk mesin-mesin besar, dan tidak mampu digunakan untuk mesin putaran tinggi
26.  Engine dengan urutan penyalaan (FO) : 1 – 3 – 4 – 2, jika Top 2 valve mana saja yang dapat disetel  :
A.    IN = Cyl 1 & 2 serta EX = Cyl 1 & 3
B.     IN = Cyl 1 & 3 serta EX = Cyl 2 & 4
C.     IN = Cyl 2 & 4 serta EX =  Cyl 2 & 1
D.    IN = Cyl  4 & 3 serta EX = Cyl 2 & 1
E.     IN = Cyl 4 & 1 serta EX = Cyl 2 & 1
27.  Jika saringan udara kotor sehingga menyebabkan aliran udara yang masuk kedalam system pada karburator terhambat akan mengakibatkan ……..
A.    Mesin terjadi overheating
B.     Busi berwarna abu-abu muda
C.     Busi berwarna putih
D.    Busi berwarna hitam basah
E.     Busi berwarna hitam atau kering
28.  Jika dalam pemeriksaan  petrol engine menemukan kasus : kandungan HC tinggi, CO tinggi, dan idling kasar (asap gas buang hitam). Penyebabnya adalah : Kecuali ….
A.    Saringan udara tersumbat kotoran
B.     Saringan udara tidak terpasang
C.     Katup PCV tersumbat
D.    Katup jarum atau dudukannya bocor
E.     Pelampung pecah atau setelannya salah
29.  Pada Ignition Switch bila terdapat terminal ST.2, menyambung pada ....
A.      Distributor
B.       Alternator
C.       Regulator
D.      Coil
E.       Stator
30.    Fungsi kumparan primer coil pada mobil adaah ....
A.      Membuat magnet permanen pada coil
B.       Menginduksi kumparan sekunder coil
C.       Menginduksi Kumparan  primer coil
D.      Membuat loncatan bunga api
E.       Mengatur lamanya platina menutup

  1. Pada prosedur engine tune up, pemeriksaan mesin pada saat hidup adalah....
A.       pemeriksaan timing pengapian
B.       pemeriksaan saringan bensin
C.       pemeriksaan saringan udara
D.       pemeriksaan tali kipas
E.        pemeriksaan baterai
  1. Pada prosedur engine tune up konventional, pekerjaan penyetelan dilakukan pada komponen-komponen : ….
A. Celah Platina, busi, koil, celah katup, karburator, derajat pengapian, dan V-Belt
B.  Celah Platina, busi, distributor, celah katup, karburator, derajat pengapian, dan V-Belt
C.  Celah Platina, busi, koil, distributor, celah katup, karburator, derajat pengapian, dan V-Belt
D. Celah Platina, busi, celah katup, karburator, derajat pengapian, dan V-Belt
E.  Celah Platina, celah katup, karburator, derajat pengapian, dan V-Belt
33.  Sistem manajemen mesin pada kendaraan yang menggunakan system elektronik menggunakan berbagai sensor untuk mengatur waktu penyemprotan bahan bakar dan waktu pengapian. Sensor  yang digunakan untuk membaca waktu pembukaan throtle valve adalah ….
A.      TPS
B.       MAP
C.       CMS
D.      WTS
E.       EMS

34.  Sistem manajemen mesin pada kendaraan yang menggunakan system elektronik menggunakan berbagai sensor untuk mengatur waktu penyemprotan bahan bakar dan waktu pengapian. Sensor  yang digunakan untuk membaca tekanan udara yang masuk ke intake manifold adalah ….
A.      TPS
B.       MAP
C.       CMS
D.      WTS
E.       EMS

35.  Berikut ini adalah pernyataan - pernyataan tentang oil .Pilih salah satu yang tidak benar .
A.      SAE 15W - 40 , Grade CD adalah oil untuk Gasoline Engine
B.       SAE 15W - 40 , Grade SE adalah oil untuk Gasoline Engine
C.       DOT3 dan DOT4 adalah tingkatan brake Fluid
D.      ATF digunakan untuk automatic transmission
E.       SAE90 . GL-4 adalah oil gear untu manual transmission

36.  Timbul bising ketika pedal kopling diinjak merupakan tanda – tanda kerusakan pada ….
A.    Kanvas kopling tipis / aus
B.     Pegas kopling lemah
C.     Pegas kopling aus
D.    Bantalan pembebas kocak
E.     Plat penekan aus
37.  Bagian kopling yang terhubung dengan input shaft transmisi adalah ….
A.    Clutch hub
B.     Facing/kanvas kopling
C.     Torsion spring dumper
D.    Disc plate/plat kopling
E.     Paku keling/rivet
38.  Bagian kopling/disc clutch yang berfungsi meredam kejutan/hentakan saat kopling mulai berhubungan adalah ….
A.    Clutch hub
B.     Facing/kanvas kopling
C.     Torsion spring dumper
D.    Disc plate/plat kopling
E.     Paku keling/rivet
39.  Pada saat kendaraan mulai berjalan terasa ada hentakan/kejutan (pada saat pedal kopling mulai dilepas), dapat dipastikan penyebabnya adalah ….
A.    Pressure plate rusak
B.     Pegas diafragma aus
C.     Torsion damper lemah
D.    Kanvas kopling aus
E.     Fly wheel aus
40.  Pada saat kita memeriksa plat kopling, hal yang tidak perlu kita perhatikan adalah ….
A.    Mengukur kedalaman paku keeling
B.     Memeriksa torsion dumper
C.     Memeriksa pegas aksial
D.    Memeriksa kondisi paku keling
E.     Memeriksa alur-alur hub kopling
41.  Prosedur pemeriksaan plat kopling yang benar adalah ...
A.      Pemeriksaan tegangan pegas penekan.
B.       Pemeriksaan panjang dan kesikuan pegas penekan.
C.       Pemeriksaan kekocakan atau kerusakan torsion dumper.
D.      Pengukuran kedalaman dan lebar keausan bekas gesekan release bearing.
E.       Pemeriksaan run-out permukaan ujung pegas diaphragma atau ujung tuas pembebas.

  1. Pada saat kopling berhubungan terjadi kejutan/getaran, maka komponen pada clutch disc yang perlu diperiksa adalah ….
A.      diaphragm Spring
B.       torsion damper
C.       cushion plate
D.      clutch hub
E.       rivet

43.  Pada transmisi otomatis saat posisi reverse/mundur, outputnya adalah ……….
A.    Sun gear                                                   
B.     Planetary gear                                          
C.     Ring gear
D.    Sun gear dan planetary gear
E.     Sun gear dan ring gear
44.  Gigi percepatan berpindah sendiri saat kendaraan berjalan, kemungkinan penyebabnya adalah ….
A.    Synchronizer ring aus, shift fork aus, kopling aus
B.     Mata gigi percepatan ada yang aus atau patah, sleeve hub sudah aus
C.     Shift fork bengkok, poros shift fork bengkok, sleeve hub dan synchronizer ring aus
D.    Synchronizer ring aus, pegas pengunci shifting key sudah lemah
E.     Shift fork aus, bola pengunci aus
45.  Semua gigi percepatan susah masuk, kemungkinan penyebabnya adalah ….
A.    Synchronizer ring aus, shift fork aus, kopling aus
B.     Mata gigi percepatan ada yang aus atau patah, sleeve hub sudah aus
C.     Shift fork bengkok, poros shift fork bengkok, sleeve hub dan synchronizer ring aus
D.    Synchronizer ring aus, pegas pengunci shifting key sudah lemah
E.     Shift fork aus, bola pengunci aus
46.  Gigi percepatan kembali pada posisi netral dengan sendirinya, kemungkinan penyebabnya adalah ….
A.    Synchronizer ring aus, shift fork aus, kopling aus
B.     Mata gigi percepatan ada yang aus atau patah, sleeve hub sudah aus
C.     Shift fork bengkok, poros shift fork bengkok, sleeve hub dan synchronizer ring aus
D.    Synchronizer ring aus, pegas pengunci shifting key sudah lemah
E.     Shift fork aus, bola pengunci aus
47.  Gigi percepatan tidak bisa kembali ke posisi netral, kemungkinan penyebabnya adalah ….
A.    Synchronizer ring aus, shift fork aus, kopling aus
B.     Mata gigi percepatan ada yang aus atau patah, sleeve hub sudah aus
C.     Shift fork bengkok, poros shift fork bengkok, sleeve hub dan synchronizer ring aus
D.    Synchronizer ring aus, pegas pengunci shifting key sudah lemah
E.     Shift fork aus, bola pengunci aus
  1. Mekanisme cara kerja unit planetary gear yang benar ketika perlambatan adalah ....
    1. input tenaga: sun gear dan ring gear; output tenaga: planetary carrier
    2. input tenaga: sun gear; output tenaga: ring gear; stationary: planetary carrier
    3. input tenaga: ring gear; output tenaga: sun gear; stationary: planetary carrier
    4. input tenaga: ring gear; output tenaga: planetary carrier; stationary: sun gear
    5. input tenaga: planetary carrier; output tenaga: ring gear; stationary: sun gear

  1. Mekanisme cara kerja unit planetary gear yang benar ketika putaran balik/mundur adalah ....
    1. input tenaga: sun gear dan ring gear; output tenaga: planetary carrier
    2. input tenaga: sun gear; output tenaga: ring gear; stationary: planetary carrier
    3. input tenaga: ring gear; output tenaga: sun gear; stationary: planetary carrier
    4. input tenaga: ring gear; output tenaga: planetary carrier; stationary: sun gear
    5. input tenaga: planetary carrier; output tenaga: ring gear; stationary: sun gear

50.  Jika pada unit final drive terjadi suara menggeram, ketukan atau getaran pada body, kemungkinan penyebabnya adalah ……
A.    Drive pinion kendor
B.     Bantalan drive pinion rusak
C.     Companion flange oleng
D.    Drive pinion kendor, bantalan drive pinion rusak, dan companion oleng
E.     Drive pinion kendor, bantalan drive pinion rusak, dan backlash tidak sesuai spesifikasi
51.  Pada saat kendaraan berbelok, panjang lintasan roda kanan dan kiri berbeda. Komponen yang mengatur perbedaan putaran roda kanan dan kiri pada unit final drive adalah ….
A.    Ring gear
B.     Drive pinion
C.     Diferensial case
D.    Diferensial pinion gear
E.     Side gear



52.  Prosedur penyetelan yang benar dimana drive pinion terlalu jauh dari ring gear adalah ...
A.    Setel backlash dengan menggeser side gear menjauhi drive pinion.
B.     Setel backlash dengan menggeser ring gear mendekati drive pinion.
C.     Geserlah drive pinion mendekati ring gear dengan mengurangi shim penyetel kedalaman pinion.
D.    Geserlah drive pinion menjauhi ring gear dengan menambah ketebalan shim penyetel kedalaman pinion.
E.     Geserlah pinion gear menjauhi ring gear dengan menambah ketebalan shim penyetel kedalaman pinion.


53.  Sambungan yang berfungsi untuk meredam perubahan sudut dan untuk melembutkan perpindahan tenaga dari transmisi ke differensial adalah ….
A. Slip joint
B.  Ball joint
C.  Central joint
D. Torque joint
E.  Universal joint
54.  Jika pada kecepatan tinggi propeller shaft bersuara bising, biasanya disebabkan oleh ….
A. Propeller shaft retak
B.  Propeller shaft bengkok
C.  Sambungan-sambungannya rusak
D. Unit final drive rusak
E.  Bantalan kocak
  1. Pada penggerak roda depan, penyebab gejala putaran roda seperti terhambat/berat adalah ....
A. keausan poros
B.  keusan bantalan spider
C.  kerusakan universal joint
D. kerusakan center support bearing
E.  berkurangnya pelumas karena kerusakan boot

56.  Pada sebuah ban dengan kode 195/70 H R 14. Untuk kode yang menunjukkan aspek ratio adalah ….
A.    195                                                            D.  R
B.     70                                                              E.  14
C.     H
57.  Kode yang tertera pada pelek berikut ini : 5.50 x 15 SDC, arti kode F adalah ….
A.    Bentuk pelek                                 D. Bahan pelek
B.     Bentuk flens pelek                                    E.  tipe rim
C.     Tipe pelek
58.  Bidang gesek tread menjadi berkurang, kenyamanan berkendaraan berkurang, bagian tengah tread aus lebih cepat, dan lapisan benang ban terlalu tegang dan mudah rusak karena tumbukan dari luar adalah akibat dari ban dengan kondisi ………
A.    Tekanan udara yang benar                                    D. Sudut camber positif terlalu besar
B.     Tekanan udara yang berlebihan                E.  Sudut camber positif yang terlalu kecil
C.     Tekanan udara yang kurang
59.  Pada sebuah ban dengan kode 195/70 H R 14. Untuk kode yang menunjukkan kecepatan maksimum adalah …….
A.    195                                                D.  R
B.     70                                                  E.  14
C.     H

60.  Kode yang tertera pada pelek berikut ini : 5.50 F x 15 SDC, arti kode SDC adalah …….
A.    Bentuk pelek                                 D. Bahan pelek
B.     Bentuk flens pelek                                    E.  tipe rim
C.     Tipe pelek
61.  Kemudi berat, tepi ban aus lebih cepat, dan pemakaian bahan bakar menjadi boros adalah akibat dari ban dengan kondisi ………
A.    Tekanan udara yang benar                        D. Sudut camber positif terlalu besar
B.     Tekanan udara yang berlebihan                E.  Sudut camber positif yang terlalu kecil
C.     Tekanan udara yang kurang
62.  Kode spesifik ban tertera : 195 / 70 R 14 86 H. Kode tersebut berarti ….
A.    195 adalah lebar ban dalam inchi
B.     195 adalah lebar ban dalam mili meter
C.     R berarti radius ban
D.    14 adalah diameter pelek dalam cm
E.     H berarti load index (kapasitas mengangkut beban)
63.  Pada system rem tipe hidrolik, udara bisa masuk kedalam system, sehingga dapat mengakibatkan rem blong/los. Hal ini disebabkan oleh …..
A.    Karet pelindung debu sobek
B.     Seal pada silinder roda rusak
C.     Piston pada silinder roda macet
D.    Oli rem terlalu kental
E.     Jarak bebas pedal rem terlalu besar
64.  Jika saat direm timbul getaran, biasanya disebabkan oleh …….
A.    Sepatu rem aus
B.     Celah sepatu rem setelannya tidak pas
C.     Oli rem terlalu kental
D.    Udara masuk dalam system mekanisme penggerak rem
E.     Tromol aus
65.  Jika saat direm kendaraan akan tertarik ke salah satu arah. Hal ini disebabkan oleh …..
A.    Sepatu rem aus
B.     Celah sepatu rem setelannya tidak pas
C.     Oli rem terlalu kental
D.    Udara masuk dalam system mekanisme penggerak rem
E.     Tromol aus
66.  Pada rem cakram, komponen yang berfungsi untuk  mengembalikan piston silinder roda ketika pedal rem dilepaskan adalah ….
A.    Karet penutup
B.     Sliding bushing
C.     Sil piston
D.    Pad
E.     Pegas pembalik
67.  Berikut ini adalah kemungkinan penyebab rem cakram macet/blokir, kecuali ….
A.    Seal caliper aus
B.     Piston caliper berkarat
C.     Lubang kompensasi tersumbat
D.    Sliding bushing berkarat
E.     Selang fleksibel terjepit
68.  Roda kemudi membanting kesalah satu arah ketika mobil berjalan, padahal kondisi jalan rata dan lurus. Hal ini disebabkan oleh …. Kecuali
A.    Keausan ban depan yang tidak seimbangan antara kanan dan kiri
B.     Tekanan ban depan yang tidak sama Antara kanan dan kiri
C.     Roda kemudi berat sebelah
D.    Sudut penyetelan Toe in Toe out yang tidak seimbang Antara roda kanan dan kiri
E.     Salah satu suspensi roda depan ada yang lemah/tidak standar

69.    Berikut merupakan ciri kerusakan sistem power steering hidrolis adalah ….
A.     Kemudi bergetar saat kecepatan tinggi
B.      Kemudi terasa berat saat mesin mati
C.      Minyak power steering selalu berkurang
D.     Kemudi terasa ringan saat mesin hidup
E.      Kemudi terasa ringan saat mobil berjalan pelan
70.     Yang dimaksud oskilasi adalah ….
A.    Gerak naik turun pada pegas apabila mendapatkan beban berlebih
B.     Gerak naik turun badan kendaraan secara keseluruhan
C.     Gerakan atau ayunan berulang pada pegas
D.    Kejadian dimana  pegas kehilangan daya elastisitasnya
E.     Ayunan yang terjadi secara konstan pada pegas
71.     Komponen utama system suspense yang berfungsi untuk meredam yang terjadi dengan membatasi oskilasi dari gerakan pegas adalah : ….
A.    Pegas                                     D.  Sistem linkage
B.     Shock absorber                                  E.  Upper arm
C.     Stabilizer
72.     Ketika kendaraan melaju dipermukaan jalan yang bergelombang/tidak rata dan penumpang merasa terlempar-lempar dari tempat duduknya, maka kemungkinan komponen suspense yg tidak bekerja dengan baik adalah ….
A. Pegas                                       D.  Sistem linkage
B.  Shock absorber                                    E.  Upper arm
C.  Stabilizer

73.     Dibawah ini yang adalah hal-hal yang dilaksanakan dalam pemeriksaan battery, kecuali : …
A. Periksa kotak battery                          D. Periksa BJ elektrolit battery
B.  Periksa jumlah/volume elektrolit battery         E.  Periksa hambatan battery
C.  Periksa terminal/pole battery

74.     Jika elektrolit baterai kurang dari upper level sebaiknya ditambahkan.... sehingga baterai terawat dengan baik.
A. Air mineral
B.  Air suling
C.  Air hujan
D. Air artetis
E.  Acccu zur

75.     Untuk menjaga agar saklar/switch lebuh awet dan tahan lama maka pada system  kelistrikan perlu dipasang ……………
A. Isolator                                                D.  Resistor
B.  Relay                                                   E.  Regulator
C.  Fuse


76.  Bila salah satu head lamp mati maka urutan pemeriksaan komponen pada sistem penerangannya yaitu....
A.  sekring  - connector - bola lampu
B.  fusible link – relay – bola lampu
C.  circuit breaker – relay – bola lampu
D.  switch – Fusible link – circuit breaker
E.   fusible link – circuit breaker – bola lampu

77.  Lampu tanda belok menyala tetapi tidak berkedip, kemungkinan penyebabnya adalah ....
A.  fuse putus
B.  lampu putus
C.  flasher rusak
D.  kabel massa pada lampu putus
E.   switch lampu tanda belok rusak

  1. Komponen  pelindung kelistrikan yang membuka ketika arus berlebihan melewatinya adalah ….
A.  circuit breaker
B.  fusible link
C.  switch
D.  relay
E.   fuse
79.  Bila lampu tanda belok menyala tetapi tidak berkedip maka urutan pemeriksaan komponen pada sistem penerangannya yaitu....
A.  sekring  - connector - bola lampu – flasher
B.  sekring  -  bola lampu - flasher - connector
C.  sekring  - connector - bola lampu
D.  bola lampu - flasher
E.   flasher

80.  Pada system pengapian konvensional, jika octan selector diputar satu putaran searah putaran jarum jam maka akan …………
A.    Mengajukan pengapian 10 derajat
B.     Mengajukan pengapian 5 derajat
C.     Memundurkan pengapian 10 derajat
D.    Memundurkan pengapian 5 derajat
E.     Tidak berpengaruh pada saat pengapian
81.  Jika dwell angel (CDA) terlalu besar maka akan mengakibatkan ….
A.    Pengapian menjadi kecil
B.     Koil cepat panas dan cepat rusak
C.     Platina terbakar
D.    Kondensor terbakar
E.     Mesin pincang
82.  Pada system pengapian konvensional sering terjadi keausan/terbakar pada permukaan kontak point, penyebabnya adalah ….
A.    Kapasitas kondensor terlalu besar dari spesifikasi
B.     Kapasitas kondensor terlalu kecil dari spesifikasi
C.     Nilai tahanan kabel busi terlalu besar
D.    Nilai tahanan kabel busi terlalu kecil
E.     Busi mati
83.  Komponen pada system pengapian konvensional yang berfungsi  untuk mengajukan pengapian berdasarkan nilai oktan bahan bakar adalah ….
A.     Governor advancer
B.     Vacuum Advancer
C.     Oktan selector
D.    Distributor
E.     Kondensor
84.  Komponen pada system pengapian konvensional yang berfungsi untuk mengajukan saat pengapian pada saat putaran mesin tinggi.
A.     Governor advancer
B.     Vacuum Advancer
C.     Oktan selector
D.    Distributor
E.     Kondensor
85.  Jika celah platina lebih besar dari spesifikasi pabrik maka akan mengakibatkan ….
A.    Pengapian menjadi kecil
B.     Koil cepat panas dan cepat rusak
C.     Platina terbakar
D.    Kondensor terbakar
E.     Mesin pincang





86.        Jika kendaraan 4 silinder saat distart mesin bisa hidup, tetapi putarannya tidak stabil/pincang dan getaran/goncangan mesin besar. Hal ini disebabkan oleh ….
A.    Celah Platina terlalu besar
B.     Celah Platina terlalu sempit
C.     Saringan bensin kotor
D.    Salah satu busi ada yang mati
E.     Celah busi terlalu lebar/melebi

87.     Ketika kunci kontak dihubungkan dan diputar kearah start, tetapi plunyer pada solenoid motor starter tidak bergerak. Padahal sambungan kabel sudah dicek dan tidak ada yang rusak, maka kemungkinan kerusakan pada motor starter, yaitu pada bagian ….
A.     Field coil                                                              
B.     Field in coil                                                          
C.     Primary coil
D.    Pul in coil
E.     Hold in coil
88.        Komponen pada alternator yang sering aus dan menyebabkan kemagnetan pada rotor kecil adalah....
A.    regulator
B.     rectifier
C.     slip ring
D.    pulley
E.     brush

89.        Ditemukan AC pada suatu mobil dengan gejala sebagai berikut :
-          Pemeriksaan tekanan rendah : 0,8 kg/cm²
-          Pemeriksaan tekanan tinggi : 8,0 kg/cm²
-          Udara yang keluar dari evaporator tidak terlalu dingin
-          Banyak gelembung pada kaca pengintai
Kemungkinan kerusakan adalah ….
A.    Refigeran tidak bersirkulasi
B.     Terjadi kebocoran pada siklus pendinginan
C.     Terdapat udara pada siklus pendinginan
D.    Pengisian refigeran berlebihan
E.     Terdapat uap air pada siklus pendinginan
90.        Ditemukan system AC dengan gejala berikut :
-          Pemeriksaan tekanan rendah : 2,5 kgf/cm²
-          Pemeriksaan tekanan tinggi : 20 kgf/cm²
-          AC tidak terlalu dingin
Kemungkinan kerusakan adalah ….
A.    Refigeran tidak bersirkulasi
B.     Terjadi kebocoran pada siklus pendinginan
C.     Terdapat udara pada siklus pendinginan
D.    Pengisian refigeran berlebihan
E.     Terdapat uap air pada siklus pendinginan
91.        Ditemukan system AC dengan gejala berikut :
-          Pemeriksaan tekanan rendah : 76 cmHg
-          Pemeriksaan tekanan tinggi : 6 kgf/cm²
-          AC tidak terlalu dingin
Kemungkinan kerusakan adalah ….
A.    Refigeran tidak bersirkulasi
B.     Terjadi kebocoran pada siklus pendinginan
C.     Terdapat udara pada siklus pendinginan
D.    Pengisian refigeran berlebihan
E.     Terdapat uap air pada siklus pendinginan
92.        Kondisi AC kadang dingin kadang tidak dingin. Tindakan yang paling tepat adalah ….
A.    Bongkar kompresor dan periksa
B.     Buka kap mesin dan buang refigeran
C.     Hidupkan mesin dan periksa kaca pengintai
D.    Pasang manifold gauge dan periksa tekanan refigeran
E.     Bersihkan evaporator
93.        Jika expansion valve tidak bekerja dengan baik, dalam pengukuran tekanan akan terlihat….
A.    Pengukuran tekanan rendahnya 0,8 kgf/cm² dan tekanan tingginya 8 kgf/cm²
B.     Pengukuran tekanan rendahnya 2,5 kgf/cm² dan tekanan tingginya 20 kgf/cm²
C.     Pengukuran tekanan rendahnya 2,5 kgf/cm² dan tekanan tingginya 23 kgf/cm²
D.    Pengukuran tekanan rendahnya 1,5 kgf/cm² dan tekanan tingginya 10 kgf/cm²
E.     Pengukuran tekanan rendahnya 76 cmHg dan tekanan tingginya 19-20 kgf/cm²



~~~%%% GOOD LUCK %%%~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar